Contoh teks ceramah tentang pentingnya ilmu pengetahuan

Berikut adalah contoh dari teks ceramah dengan tema pentingnya ilmu pengetahuan.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat bapak Ahmad selaku guru bahasa indonesia dan teman teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala yang telah melimpahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua, sehingga kita semua dapat berkumpul di sini tanpa suatu halangan.

Pada kesempatan ini izinkan saya memberikan sebuah ceramah singkat tentang pentingnya ilmu dalam kehidupan manusia.

Hadirin yang berbahagia.

Ilmu pengetahuan adalah sebuah jalan yang dapat membimbing kita kearah kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Ilmu pengetahuan adalah sebuah cahaya yang akan menyinari kehidupan manusia sehingga tidak akan kehilangan arah.
Manusia tidak akan menjadi kabur saat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Dengan ilmu pengetahuan ini pula manusia akan mengerti tugas-tugas mereka sebagai makhluk Allah yang diciptakan hanya untuk menyembah kepadaNya.

Atas dasar inilah Allah Subhanahu wa Ta’ala mengangkat derajat manusia yang memiliki ilmu pengetahuan kedalam derajat yang tinggi di dunia dan akhirat kelak.

Hadirin  yang berbahagia.

Ilmu sesungguhnya mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia, kita akan hidup lebih baik dengan adanya ilmu pengetahuan. Maka dari itu marilah kita gunakan kesempatan hidup di dunia untuk mencari ilmu yang bermanfaat. Sebab ilmu, laksana sebuah cahaya yang akan menerangi kita saat dalam kegelapan.
Dalam aktifitas kita sehari-hari berbagai macam tindakan duniawi, akan menjadi lebih mudah apabila didasarkan pada ilmu pengetahuan. Maka tentu kita akan memperoleh keselamatan sekaligus apa yang kita kerjakan akan mendapatkan balasan yang setimpal oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Begitupun sebaliknya, orang yang bekerja tanpa ilmu mereka akan jatuh kedalam hal yang dilarang Allah. Hal seperti ini sering kali terjadi kepada manusia yang  tidak mempelajari ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, peranan ilmu sangat penting dalam kehidupan manusia.

Hadirin yang berbahagia, demikianlah ceramah singkat tentang pentingnya ilmu dalam kehidupan manusia yang dapat saya sampaikan, meskipun sedikit semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel